Kemalasan adalah suatu sifat yang
pasti dimiliki semua orang dari waktu ke waktu. Semua orang bertanya-tanya pada
diri mereka sendiri dari waktu ke waktu "Bagaimana saya dapat
menghilangkan rasa malas?". Mengatasi kemalasan, atau kemampuan untuk
melakukan hal-hal yang tidak ingin kita lakukan adalah bagian penting dalam
mencapai keberhasilan.
Hari ini kita akan fokus pada bagaimana untuk menyelesaikan semua tugas-tugas kecil dimana kita tidak punya keinginan untuk menyelesaikannya. Orang malas membiarkan tugas-tugas kecil tak terselesaikan terlalu lama. Orang-orang sukses selalu menyelesaikan tugas-tugas kecil dengan cepat dan seefisien mungkin.
Hari ini kita akan fokus pada bagaimana untuk menyelesaikan semua tugas-tugas kecil dimana kita tidak punya keinginan untuk menyelesaikannya. Orang malas membiarkan tugas-tugas kecil tak terselesaikan terlalu lama. Orang-orang sukses selalu menyelesaikan tugas-tugas kecil dengan cepat dan seefisien mungkin.
Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk mengatasi rasa malas.
1. Hidup terorganisir
Aspek yang paling penting untuk mengatasi kemalasan adalah hidup terorganisir. Begitu banyak keinginan kita untuk melakukan sesuatu yang produktif tetapi keadaan di sekitar membuatnya tampak mustahil untuk dilakukan dan membujuk kita untuk tidak melakukan bahkan memulai tugas kita. Ruang kerja yang bagus, bersih dan terorganisir akan mengajak kita untuk melakukan beberapa pekerjaan dan menjadi lebih produktif. Tempat yang berantakan akan menyebabkan kita malas belajar atau malas bekerja dan memilih untuk tidur di sofa ataupun kasur yang ada. Sisihkan beberapa jam untuk membersihkan dan mengatur ruang kerja, segala sesuatu yang ada di meja Anda, file - file yang ada di komputer, link - link favorit yang ada di browser dll. Buatlah segalanya lebih bersih, mudah dan efisien.
2. Membuat 'to-do' list (daftar kegiatan) setiap malam sebelum tidur
Sangat penting untuk menuliskan tujuan kita sehingga kita dapat memvisualisasikan apa yang perlu dilakukan. Setiap malam membuat 'to-do' list pada laptop atau buku dan menambahkan 5-10 hal yang harus dilakukan pada hari berikutnya. Dari tugas-tugas kecil seperti pergi ke bank untuk tugas besar seperti menyelesaikan proyek. Segala sesuatu yang perlu dilakukan harus ditulis pada 'to-do' list. Tidak ada tugas yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk dimasukkan ke 'to-do' list.
3. Selesaikan hal pertama yang ada di 'to-do' list di pagi hari
Dengan menundanya dan menundanya dan itu hanya terus membuat kita terbiasa untuk menunda, sehingga sulit untuk melakukan tugas itu. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan perasaan itu adalah untuk melakukan tugas-tugas yang tidak menyenangkan di pagi hari. Selesaikan semua tugas di pagi hari, dimulai dengan tugas yang tersulit dan berakhir dengan tugas termudah. Setelah Anda menyelesaikan semua tugas Anda di pagi hari, maka Anda memiliki sisa waktu di hari itu dan bebas untuk melakukan apa saja.
4. Cek pakaian Anda
Sebuah faktor besar yang berkontribusi terhadap kemalasan adalah kostum pemalas. Mengenakan celana pendek dan sandal tidak membuat seseorang merasa seperti bekerja. Di sisi lain, memakai baju dan dasi dapat membuat kita merasa produktif. Itu membuat Anda ingin menyelesaikan pekerjaan Anda. Setiap hari Anda harus berpakaian seperti Anda pergi ke sebuah, pertemuan penting. Bahkan jika Anda bekerja dari rumah, bahkan jika perusahaan Anda memiliki kebijakan pakaian kasual, bahkan jika Anda merasa malas dan tidak ingin berpakaian rapi. Anda harus berpakaian untuk sukses karena memberi hal itu akan membuat Anda sukses, dan memiliki pola pikir produktif.
5. Jadilah orang aktif dan sadar akan waktu
Memulai dan menyelesaikan 'to-do' list tepat waktu di setiap pagi sangat penting. Ini disebut kebiasaan dan rutinitas dan itulah yang memisahkan malas dari produktif. Bila Anda memiliki rutinitas dan kebiasaan maka akan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Tidak memiliki rutinitas itu membuat sangat sulit mencapai apa-apa. Mulai rutin, menentukan waktu spesifik untuk memulai dan mencapai tujuan Anda setiap hari dan selalu sadar waktu. Anda tidak ingin menyia-nyiakan apa yang telah Anda mulai. Melihat jam memaksa Anda untuk lebih berkonsentrasi, bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk menyelesaikan semua yang dilakukan.
6. Selalu membawa notebook atau catatan
Membawa notebook setiap saat akan sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu alasannya adalah bahwa ide-ide sering kali datang ketika kita mengemudi di jalan, berjalan menyusuri jalan, duduk di kereta api atau tempat lain di mana kita tidak siap untuk melakukan ide - ide tersebut. Membawa notebook akan membuat Anda dapat menuliskan ide-ide, tugas akan yang akan Anda lakukan besok dan kita dapat membacanya lagi pada malam hari saat membuat 'to-do' list.
7. Sediakan waktu istirahat.
Saat semua sudah terselasaikan, saatnya Anda menyediakan bagi tubuh Anda untuk istirahat dan santai sejenak. Guna mendapat tubuh yang rileks kembali.
Jadi, tidak ada kata malas lagi bukan?
Oleh Ariyanti S
Tidak ada komentar :
Posting Komentar